Fakta sepatu air jordans

Ketika berbicara tentang apa pun yang berhubungan dengan tradisi dan legenda, kemungkinan ada beberapa jenis cerita di balik layar yang tidak selalu kita ketahui — seri Air Jordan tidak berbeda. Apakah itu Michael Jordan yang membenci desain atau pengaruh yang tidak biasa, sepatu kets Jordan juga memiliki sejarah yang tak terhitung. Kami memutuskan untuk menyusun daftar hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Air Jordans.

Michael Jordan ingin menandatangani kontrak dengan adidas daripada Nike

Ketika Michael Jordan meninggalkan University of North Carolina pada tahun 1984, dia ingin menandatangani kontrak dengan Adidas, bukan Nike. Dia menggambarkan dirinya sebagai “kacang Adidas” dan mengatakan kepada agennya bahwa jika kesepakatan yang ditawarkan perusahaan Jerman itu hampir mendekati, dia akan menandatangani dengan mereka. Rupanya itu bukan. Kerugian mereka.

  • Bagaimana logo “Sayap” Air Jordan dibuat

Gambar pertama logo bola-dan-sayap Air Jordan dibuat secara mendadak oleh Peter Moore dari Nike, sedangkan nama “Air Jordan” sebenarnya dibuat oleh superagent David Falk. Dan meskipun sulit dipercaya sekarang, Falk ingin Jordan diperlakukan lebih seperti pemain tenis daripada pemain bola basket—karena saat itu, merekalah yang mendapatkan produk khasnya.

Air Jordan 1 ‘Bed’

Ketika Nike pertama kali memberi Jordan sketsa Jordan 1 hitam dan merah, dia dengan polos menjawab, “Saya tidak bisa memakai sepatu itu, itu adalah warna Iblis.” Sebagai seorang Tar Heel, MJ tidak begitu bersemangat untuk mengenakan warna saingan NC State, bahkan jika itu adalah penampilan NBA barunya.

Michael Jordan Air Jordan 1 Dilarang Iklan 1985

Michael Jordan adalah seorang pemula yang belum terbukti ketika Air Jordan 1 dirancang dan dipasarkan, dan dengan harga $65 per pop ada keraguan bahwa siapa pun akan membelinya. Sebaliknya, ia muncul sebagai pemain paling menarik di NBA, dan ketika sepatu itu akhirnya dirilis, sepatu itu terlepas dari rak.

Air Jordan 2

Air Jordan II adalah sepatu Nike pertama yang tidak menampilkan branding Swoosh di manapun pada sneaker. Itu adalah langkah yang berisiko, tetapi itu mengantarkan era di mana desain, bukan logo, adalah yang paling penting.

  • Air Jordan II adalah sepatu basket mewah pertama

Jordan II adalah satu-satunya sepatu Jordan yang dibuat di Italia, dan berkat kulit kadal palsu di bagian atas dan inspirasi desain dari sepatu bot wanita (inspirasi yang akan muncul lagi dengan Air Jordan XII), mereka membawa tingkat kemewahan baru untuk produk olahraga.

Air Jordan III menghentikan Michael Jordan meninggalkan Nike

Jordan tidak terlalu besar untuk menandatangani kontrak dengan Nike sejak awal, dan setelah dua orang yang paling banyak membawanya ke merek (Peter Moore dan Rob Strasser) pergi, dia mempertimbangkan perubahan pemandangan juga— kesepakatan awal tercapai pada tahun 1988. Pada akhirnya, itu adalah penggabungan desainer muda Tinker Hatfield dari cetakan gajah dan logo Jumpman yang dikandung Moore pada Air Jordan III yang revolusioner (dan ayah Michael memberi tahu His Airness bahwa Nike memiliki minat terbaiknya di hati ) yang meyakinkannya untuk tetap tinggal.

Air Jordan 5

Air Jordan V adalah sepatu basket pertama yang menampilkan bahan 3M (Nike Air Epic adalah yang pertama). Hatfield merancang lidah sedemikian rupa untuk membuat sepatu kets terlihat lebih mencolok di bawah lampu arena dan lampu sorot (maaf, fotografer), dan menyamai ketenaran seperti rockstar Jordan.

Air Jordan 6 Inframerah

MJ mengalami cedera pada kakinya pada game kedua Final NBA 1991 melawan Magic dan kawan-kawan. Ketika ditanya apakah dia menginginkan sepatu khusus untuk membantu melindungi cedera atau VI-nya yang biasa—Michael hanya menjawab staf pelatihan, “beri saya rasa sakitnya.”

Fakta sepatu air jordansAir Jordan 7 Hare

Seperti banyak hal lain dalam kanon Air Jordan, kampanye iklan “Hare Jordan” mungkin terlihat seperti tidak perlu dipikirkan sekarang, tetapi ini mewakili risiko yang cukup besar—dan investasi yang cukup besar—pada tahun 1992. Iklan awal saja menelan biaya $1 juta (tidak termasuk gaji Jordan), membutuhkan waktu enam bulan untuk membuatnya, dan membutuhkan 3.000 ilustrasi terpisah yang digambar oleh 25 seniman berbeda.

Air Jordan 9 “Space Jam”

Setelah Jordan meninggalkan NBA untuk mengejar bisbol penuh waktu, Tinker Hatfield diberitahu untuk meninggalkan lini Air Jordan dan beralih ke hal-hal baru. Tapi Tinker merasa Mike belum selesai dengan lingkaran itu, dan terus memutuskan gn Air Jordan baru seolah-olah dia tidak pernah pensiun. Tanpa semangat dan keyakinannya, garis Jordan mungkin telah mati setelah VIII.

Air Jordan 10 Toe Cap

Michael Jordan kecewa dengan bagaimana Jordan X berakhir karena dia tidak dikonsultasikan pada desain akhir seperti agen slot biasanya. Ketika Hatfield akhirnya melacaknya untuk menunjukkan kepadanya Xs, Michael menjawab, “Saya tidak menyukainya, dan Anda perlu mengubahnya.” Hatfield telah menambahkan strip kulit di ujung jari kaki, sesuatu yang belum pernah ada di Air Jordan sejak V. Dihukum, dia menelepon keesokan harinya dan membuat perubahan untuk jalur warna berikutnya setelah Jordan dan bercanda (setidaknya kami harap begitu) memberi tahu Tinker bahwa dia akan membuat perbedaan finansial jika mereka tidak menjual sebaik model sebelumnya. Bahkan versi retro dari “Steel Grey” Xs menampilkan kaki yang bersih.

Air Jordan XI terinspirasi oleh mesin pemotong rumput

Bukan rahasia lagi bahwa Tinker Hatfield telah mengambil inspirasi dari tempat-tempat aneh saat mendesain Jordan, mungkin tidak ada yang aneh seperti mesin pemotong rumput dan penutup pelindungnya yang membantu melahirkan Jordan paling ikonik hingga saat ini—XI. Kulit paten telah menemukan jalannya ke sepatu kets yang tak terhitung jumlahnya sejak itu, tetapi perlu diingat bahwa, di Air Jordan XI, itu melayani tujuan fungsional selain menambahkan flash.

Air Jordan 11 Concord 11

Selama putaran playoff Bulls pada tahun 1995, Tinker meluncurkan “Concord” XI ke Jordan untuk melihat bagaimana perasaannya tentang desain tersebut. Dia sangat senang dengan sepatu itu sehingga bahkan bertentangan dengan keinginan Tinker, dia mengayunkannya di lapangan dan memaksa Nike untuk menggunakan desain versi sampel untuk musim berikutnya. Hype sangat gila dari Jordan yang mengangkat sepasang dan memamerkannya di televisi sehingga rilis di musim gugur adalah kekacauan. Terdengar akrab?

Air Jordan 11 ‘Malam Prom’

Sebelum Air Jordan XI diluncurkan, MJ memperkirakan sneaker yang menampilkan kulit paten halus akan didandani dengan jas. Sneakerheads berbicara tentang penampilan acara penghargaan Boyz II Men di mana mereka mengguncang “Concords” dan bagaimana itu mungkin merupakan pertanda akan datangnya salah satu sepatu kets paling ikonik sepanjang masa. Silakan dan cari di internet untuk bukti — itu tidak dapat ditemukan, tetapi itu pasti terjadi. Dan bahkan tanpa itu, Anda mungkin mengenal seseorang yang mengenakan Jordan XI ke pesta pernikahan. Bahkan mungkin milik mereka sendiri.

  • Ketika Jordan Brand diciptakan

Ketika Air Jordan XIII jatuh pada tahun ’97, dirilis dengan nama Merek Jordan untuk pertama kalinya. Ini adalah waktu yang lama—dan sesuatu yang diinginkan David Falk sejak awal, dan Strasser dan Moore pada tahun 1987. Satu dekade kemudian, akhirnya tiba saatnya. Masukkan CEO Jordan. Sepatu tersebut diluncurkan bersama dengan Pelatih Air Jordan dan Tim Jordan, membuat lini ini lebih dari sekadar sepatu khas untuk pertama kalinya.

Michael Jordan mengenakan Air Jordan 1 pada tahun 1998

Dengan Jordan di ambang pensiun lagi, ia memutuskan untuk mengeluarkan sepasang OG Air Jordan 1 pada apa yang mungkin menjadi pertandingan terakhirnya di Madison Square Garden pada 8 Maret 1998. LeBron bukanlah pemain pertama yang merasa seperti itu. dia memiliki banyak cinta dan kenangan dari suaka Knicks. Kaki Jordan telah bertambah besar sejak dia pertama kali melakukan tendangan, tapi itu tidak menghentikannya untuk membuat pernyataan lain dalam karir panjang prestasi sejarah. Dia akan menyelesaikan dengan 47 poin, 8 rebound, 6 assist, 3 steal, dan beberapa kaki yang sakit parah.

Mengapa patung Michael Jordan memakai Air Jordan IX

Ketika tiba saatnya untuk mendesain patung Mike di luar United Center, Air Jordan IX dipilih karena sol luarnya yang berbeda. Tentu saja, IX juga satu-satunya Air Jordan yang tidak pernah dimainkan MJ sebagai Banteng sebelum dia pensiun untuk kedua kalinya pada tahun 1998.

Air Jordan XVII adalah sepatu basket pertama seharga $200

Seri Air Jordan mencapai banyak hal pertama untuk sepatu basket, termasuk label harga $200. Memang Air Jordan XVII memang datang dengan tas kerja dan CD interaktif. Tak lama setelah rilis XVII, Foot Locker mengeluh kepada Nike tentang tingginya harga beberapa sepatu kets mereka. Ini menghasilkan periode waktu dengan pengecer yang membawa pilihan terbatas dari merek, yang tidak termasuk model yang dicari seperti Air Jordans.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *